Belajar Daring
Belajar Daring

Tips Agar Belajar Daring Lebih Efektif

Posted on

Tips Agar Belajar Daring Lebih Efektif ~ Beberapa jenis metode pembelajaran online atau online selama periode pandemi Covid-19 diterapkan. Metode pembelajaran ini penting untuk perawatan, agar tidak mengurangi kualitas pembelajaran bagi siswa dan kualitas pengajaran guru.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Universitas Islam Universitas Islam (UII) mengadakan studi online Ramadhan yang berjudul “Belajar Secara Efektif Online?” Pada hari Senin (11/5). Studi ini disampaikan oleh Profesor Program Studi Pendidikan Islam UII, Siti Afifah Adawiyah, S.PD.I., M.PD.

Baca juga: Manfaat Teknologi Informasi Untuk Sekolah Dasar Pada Abad Ke 21

Dalam presentasinya, Siti Afifah mempresentasikan beberapa kendala yang ia temukan selama pengajaran dengan pembelajaran online. Seperti keterbatasan jaringan yang dirasakan siswa di daerah tertentu, sehingga pendidik harus mengatasi dan memperhatikan persiapan siswa baik dalam hal jaringan dan kuota. Hambatan ini, sebenarnya diantisipasi oleh UII dengan memberikan kuota Internet untuk peradaban menggunakan pemasok tertentu.

Menurutnya, kreativitas yang dimiliki pendidik sangat penting untuk mencapai evaluasi dalam pembelajaran online. “Pendidik harus lebih kreatif dalam belajar sehingga kelas online dapat lebih efektif untuk setiap individu,” katanya.

Siti Afifah menyarankan perlunya gabungan untuk belajar dengan baik dengan sinkron dan asinkron. Dengan pembelajaran sinkron, Anda dapat membuat ruang kelas virtual melalui alat web konferensi yang memungkinkan siswa untuk mengajukan pertanyaan dan pendidik yang merespons secara langsung. Ini mirip dengan kelas tatap muka, di mana pendidik dan siswa berada di ruang kelas virtual pada saat yang sama.

baca juga: Tanya Veronika Asisten Virtual

Sementara pembelajaran asinkron melibatkan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran mandiri. Seperti diskusi online, berkomunikasi menggunakan email, publikasikan video presentasi oleh pendidik di forum diskusi dan artikel membaca. Dengan pembelajaran asinkron, Anda memerlukan komentar pada komunikasi yang tepat waktu dan jelas untuk melibatkan siswa di dalamnya.

“Guru dapat memberikan materi mereka saat memuat video presentasi bersama dengan slide material, maka siswa dapat membacanya dan menemani diri mereka sendiri dari tugas online, menggunakan permintaan kuis atau Kahoot,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *